Jumat, Maret 26, 2010

Tips Menjaga Mata tetap Sehat

Tips Menjaga Mata tetap Sehat
  

1.      Menonton televisi jangan terlalu dekat. Jarak aman untuk menonton televisi harus lebih dari dua meter. Semakin besar lensa TV semakin jauh pula jarak menontonya.

2.      beri istirahat pada mata saat bekerja atau bermain komputer. Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas didepan layar komputer. Alihkan pandangan mata dari layar komputer setiap 30 menit. Lebih bagus melihat pemandangan luar yang hijau.

3.      Bermain Video game jangan terlalu dekat. Selain memberi waktu bermain, juga jarak lihat juga haru diperhatikan terutama bagi anak-anak.

4.      Membaca Buku. Jarak yang aman membaca buku 30 cm. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan juga harus terang.

5.      hindari debu dan polusi. Hindari debu yang masuk ke mata kerena menambah resiko infeksi. Jika mengendarai motor, usahakan menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari debu dan sinar matahari.

6.      Makan makanan yang berserat, bervitamin A dan C. Lindungi mata dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C seperti sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna.

7.      Periksalah mata setahun sekali. Pemeriksaan harus rutin. Perlu juga periksa ke dokter jika menemukan kelainan atau ganguan pada mata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar