Jumat, Maret 26, 2010

Manfaat warna-warni Buah dan Sayur

Manfaat warna-warni Buah dan Sayur



           Warna pada buah dan sayur bukanlah sekedar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan yang lainnya. Lebih dari itu, warna buah dan sayur ternyata merupakan informasi kandungan nutrisinya. Jadi, pilihlah buah dan sayuran yang secara optimal bias memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, untuk itu sebaiknya kenali informasi yang ada dibalik warna-warninya.

-          Merah tua dan Ungu
      buah dan sayur berwarna mendekati ungu, umumnya mengandung anthocyanin. Ini adalah sejenis antioksidan yang mampu menghambat     terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah, sehingga risiko penyakit    jantung dan stroke berkurang. Buah dan sayur berwarna merah tua atau      ungu antara lain cheeey, blackberry, blueberry plum, prem, anggur merah             dan ung, terong ungu, apel merah, kol ungu, pir merah dan cabai merah.


-          Merah
      Buah berwarna merah mengindikasikan kandungan antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung      kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan       mental agar anda tidak mudah pikun. Selain itu, likopen juga mencegah       bermacam-macam penyakit kanker. Warna merah pada sayuran juga            menandakan bahwa sayuran itu mengandung flavonoid xyang berfungsi        sebagai antikanker. Buah berwarna merah ini adalah semangka, strawberry, tomat, dan jambu merah. Sedangkan sayur berwarna merah       kol merah dan bayam merah.

-          Jingga atau Kuning
      Buah berwarna jingga dan semua buah-buahan yang memiliki daging buah             berwarna jingga mengandung betakaroten. Didalam tubuh, betakaroten   berfungsi untuk menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel          tubuh. Selain itu juga, betakaroten yang ada di dalam tubuh berubah       menjadi vitamin A yang akan memicu sistem kekebalan, sehingga tidak      mudah terserang penyakit. Jenis sayuran berwarna jingga ini adalah ubi        jalar, labu kuning dan wortel, sedangkan buah berwarna jingga adalah         melon jingga, pepeya, aprikot, mangga dan jeruk.

-          Kuning
      Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat             bermanfaat untuk mencegah stoke dan jantung koroner, sedangkan jenis    sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak,           serangan jantung dan stroke. Buah berwarna kuning ini adalah belimbing,       nanas dan pisang.


-          Hijau
      Buah berwarna hijau banyak mengandung asam alegat yang ampuh             menggempur berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah. Sedangkan sayuran berwarna hijau banyak       mengandung vitamin C dan B kompleks. Selain itu juga besar kandungan   zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten dan serat. Kekurangan   sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit menjadi kasar dan bersisik.           Buah berwarna hijau adalah alpukat, melon, anggur hijau. Sedangkan       sayuran berwarna hijau adalah bayam, calsium, sawi hijau, bokcoi,   brokoli, dan daun singkong.

-          Putih
      Meskipun hanya sedikit mengandung antioksidan namun kandungan serat dan vitamin C dalam buah dan sayur berwarna putih relatif tinggi. Selain     ampuh menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sayuran berwarna putih      dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Sayuran berwarna putih antara lain   taoge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, dan jamur, kol dan kembang   kol, sedangkan buah berwarna putih antara lain sirsak, duku, kelengkeng         dan leci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar