Jumat, Maret 26, 2010

Kenali Jamur di Tubuh

Kenali Jamur di Tubuh


            Hidup didaerah tropis membuat tubuh rentan berkeringat dan menjadi lembab. Ini adalah kondisi yang mendorong kjamur berkembang biak dengan pesat. Jika salah penanganan, jamur bisa tumbuh lebih subur dan masalah jadi tambah parah. Berikut jenis penyakit kulit dan penangananya:

            -     Kutu Air
            Disebabkan oleh jamur dermatofita dan sering menyerang sela-sela jari dan telapk kaki. Gejalanya  
            kulit menjadi lembek, terkelupas, dan berwarna putih keabu-abuan, rasa perih, gatal, dan pecah-
            pecah. Baunya tidak sedap. Cara menghindarinya, biasakan memakai alas kaki ganti kaos kaki                setiap hari.

      -     Kandidiasis
Biasa tumbuh diarea vagina yang terlalu lembab (keluar cairan vagina atau sering berkeringat), kualitas air untuk membersihkan vagina kurang baik, menurunnya daya tahan tubuh dan tertular dari pasangan lewat hubungan seksual. Bisa juga karena efek samping penggunaan obat serta sering memakai celana dalam berbahan sintesis. Sebaiknya kenakan pakaian dalam berbahan mudah menyerap keringat dan sedikit longgar, hindari sabun wangi atau tisu basah berparfum dan hindari asupan manis.

-     Ketombe
Kulit kepala yang tidak bersih bisa ditumbuhi jamur dan menjadi ketombe. Cara menghindari cuci rambut dan lakukan pemijatan kulit kepala secara teratur menggunakan sampo anti ketombe yang cocok. Jaga kebersihan sisir, haduk dan sarung bantal, plus seimbangkan konsumsi nutrisi yang       tepat seperti perbanyak makanan mengandung zinc.

-     Kurap
Biasa tumbuh dikulit kepala, pangkal paha dalam, lipatan paha, bokong, selangkangan dan dapat meluas keperut. Sebaiknya seusai berolah raga keringkan keringat dengan handuk bersih lalu ganti baju dengan yang kering dan bersih. Kurap juga bisa tumbuh dikulit kepala, penyakit ini dapat menular dari hewan ke manusia terutama dari anjing dan kucing. Hewan itu perlu dijaga kebersihannya.

-     Infeksi kuku dan Kaki
Istilah medisnya adalah onychomy-cosis, infeksi kuku bisa terjadi pada permukaan kuku, dibawah kuku, atau kulit disekitar kuku terutama ibu jari  ditangan maupun kaki. Gejalanya kuku terlihat kuning dan bau. Pemicunya bisa kerana pemakaian sepatu dalam waktu lama hingga kaki     menjadi lembab dan kuku terinfeksi. Cara menghindarinya, jangan terlalu lama memakai sarung tangan dan sepatu, gunting kuku tangan dan kaki secara rutin dengan menggunakan alat pemotong yang tajam dan bersih.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar