Jumat, Maret 26, 2010

Pilih Tissue Sesuai Fungsinya

Pilih Tissue Sesuai Fungsinya


      Seorang pria bule kehilangan selera ketika melihat ada tisu gulung di meja makan sebuah restoran . tisu gulung memang selayaknya berada ditoilet untuk membersihkan daerah sensitif di tubuh kita. Ironisnya tisu gulung di meja makan bukan hal yang aneh bagi orang indonesia kebanyakan. Padahal produsen tisu sudah menyediakan beragam jenis tisu sesuai kegunaan.

      Tisu memiliki fungsi yang berbeda dalam tiap jenisnya. Ada empat jenis produk kertas tisu yakni tisu wajah (facial paper), tisu serbet (napkin paper), tisu handuk (towel paper), tisu toilet (toilet paper). Sementara definin tisu adalah sejenis kertas krep ringan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan tujuan.

      Dari berbagai kegunaan itu, tisu masih dibagi lagi berdasarkan bentuknya. Untuk tisu wajah dibagi menjadi facial box, facial softback dan facial handkerchief, sementara tisu serbet dibagi untuk cocktail, luncheon (tisu makan) dan untuk dinner (makan malam). Semnetara untuk toilet dibagi menjadi toilet tissue plain dan toilet tissue embosed (berpori-pori sehingga memiliki daya serap tinggi). Ada juga jumbo roll toilet yang diperuntukkan intitusi bukan perorangan, seperti tolet dipusat perbelanjaan atau kantor. Sedangkan tisu handuk terdiri dari kitchen towel (tisu dapur berdaya serap tinggi terhadap minyak), handroll towel, dan hand towel.

      Proses pembuatan tisu diawali dengan pemotongan kayu yang diubah menjadi woodchip (potongan kayu ukuran kecil), kemudian dimasukkan ke pulp process yang menghasilakn pulp lembaran dalam bentuk kasar. Setelah itu di rewinding dan converting ke dalam produk yang telah ditentukan. Pulp (bubur kayu) bisa berasal dari kayu berdaun jarum (nadel baum kraft pulp) seperti pinus.  Sementara laub baum kraft pulp atau kayu berdaun lebar seperti akasia bisa diperoleh dari dalam negeri sendiri dan berasal dari Hutan Tanam Indonesia (HTI).

      Setelah itu dilakukan proses bleaching (pemutihan) untuk meningkatkan tingkat kecerahan dan kebersihan dan prose situ sudah memenuhi standard dari pemerintah. Dari sisi higienis tidak masalah menggunakan tisu toilet sesuai makan. Pengaruhnya hanya pada fungsinya tisu gulung lebih berat dan tidak mudah hancur jika diair.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar