Proposal
“Aplikasi Pembelajaran berbasis komputer menggunakan Adobe Flash CS 5”
Nama : Agustien Wilujeng (12108174)
Emy Indriyani (10108702)
Zia Khalidah (12108143)
Hari/Tanggal : Selasa, 10 April 2012
No Revisi : 01
Universitas Gunadarma
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jl. Margonda Raya No.100
No. Tlp : (021) 79187632
Email : http://www.gunadarma.ac.id
Hal : Proposal Selasa, 10 April 2012
Kepada Yth,
Bpk / Ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Jakarta
Di tempat
Dengan Hormat,
Pertama – tama kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak
yang terkait yang telah memberikan kesempatan, waktu maupun biaya, atas
usulan proyek kami yang mana adalah Aplikasi Pembelajaran Berbasis
Komputer menggunakan Adobe Flash CS maka dari itu kami membuat proposal
ini guna mengajukan kerjasamanya.
Perangkat keras dan perangkat lunak yang akan kami gunakan dalam proyek
ini berguna untuk membantu sistem kegiatan belajar mengajar menjadi
lebif ekfektif dan efisiensi atau pada istilah baru saat ini dalam dunia
pendidikan yaitu PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif
dan Menyenangkan). Hardware yang digunakan berupa Server HP processor
core 2 duo, RAM 4 GB, HD 1 TB, sedangkan softwarenya berupa Operating
System Window Server 2008 + license dan Adobe Flash CS5. Aplikasi ini
berguna untuk membantu proses pengajaran. Aplikasi ini berjalan dalam
standalone PC ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi berupa materi dalam
bentuk tulisan maupun multimedia (video dan audio) dalam format MOV, AVI
dan WAV. Berdasarkan alasannya, betapa pentingnya suatu aplikasi
berbasis computer untuk mata pelajaran matematika yang dianggap abstrak
untuk bisa lebih dimengerti dan lebih menyenangkan bagi para siswa.
Apabila permohonan pengajuan proposal ini disetujui oleh pihak terkait,
mudah – mudahan dalam waktu 14 hari kedepan kami dapat memulai proyek,
yaitu tepatnya per tanggal 1 Januari. Namun apabila pihak terkait belum
menyetujui proposal ini, maka kami harus melakukan proyek lain terlebih
dahulu, lalu proyek ini akan dimulai kira – kira pada 1 Juni.
Hormat Kami,
( Tim Pengembang )
Daftar Isi
A. Halaman judul (Tittle page)
...........................................................................................
1
B. Cakupan Surat (Cover letter)
.........................................................................................
2
C. Daftar isi (Table of content)
...........................................................................................3
D.
Rumusan Masalah ……………………………………………………………………. 4
E. Ruang lingkup (Scope)
.............................................................................................
4
F. Keuntungan (Advantages)
.......................................................................
4
G. Keuangan Financial)
.............................................................................................
7
H. Rencana (Plan)
........................................................................................................
7
I. Tenaga Pelaksana……………………………………………………………………… 8
J. Penyampaian (Deliverablless)
.............................................................................
8
K.Hukum
.......................................................................................................................
8
L. Alternatif Solution(Alternatives)
...........................................................................
9
M. Istilah Khusus (Terminologi)
....................................................................................
9
Rumusan Masalah
Berdasarkan alasan dari latar belakang penilitian ini dapat dirumuskan
apa yang menjadi masalah dalam proses pembelajaran Matematika,
permasalahan yang terlihat adalah kurangnya media pembelajaran yang
aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi para siswa
sehingga minat dan semangat para siswa untuk belajar matematika kurang.
Maka penulis tertarik untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran
berbasis komputer untuk mata pelajaran matematika yang bersifat
interaktif dan menarik yang disertai soal latihan dan test formatif agar
siswa tidak merasa bosan dan pasif dengan materi yang dipelajari.
Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek aplikasi pembelajaran berbasis komputer menggunakan adobe flash
cs5 yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus
dikerjakan yaitu :
1. Menganalisis sistem yang akan dibuat
2. Merancang yaitu membuat perancangan tampilan aplikasi dan merancang
materi untuk isi aplikasi
3. Membuat aplikasi menggunakan program yang sudah direncanakan
4. Memasukan materi kedalam program
5. Melakukan uji coba sistem
Keuntungan Pengembangan Sistem
Keuntungan dari pengembangan aplikasi ini adalah :
1. Membantu guru dalam menyampaikan materi dan juga membantu siswa dalam
memahami materi yang diajarkan
2. Meningkatkan pemahaman siswa pada suatu mata pelajaran
3. Konsep pembelajaran dilakukan tanpa melalui proses tatap muka antara
siswa dengan pengajar.
4. Efisiensi waktu kegiatan belajar mengajar
Waktu Pelaksaan Proyek
Kegiatan dan waktu pelaksanaan Januari
1 2 3 4 Februari
1 2 3 4 Maret
Analisis Sistem
Analisis Perancangan
Desain Sistem
Instalasi
Pengujian
Pelatihan
Pemeliharaan
Dokumentasi
Keuangan
Hardware
NO. KETERANGAN QTY UNIT HARGA (Rp) JUMLAH (Rp)
1
Meja Komputer 1 Unit 125,000 125,000
2 Keyboard logitech 1 Unit 70,000 70,000
3 Mouse optical logitech 1 Unit 50,000 50,000
4 External Hardrive SEAGATE FreeAgent Desk 1TB 1 Unit 1,650,000
1,650,000
5 Kabel HDMI uk 20m 1 Unit 250,000 250,000
6 Kebel power uk 20m 1 Unit 100,000 100,000
7 Outlet Kabel Power @50.000 2 Unit 100,000 200,000
8 Air Conditioner LG @3.000.000 2 Unit 3,000,000 6,000,000
9 Kanvas uk 3x2m 1 Roll 1,500,000 1,500,000
10 Speaker @1.000.000 4 Unit 1,000,000 4,000,000
11 Projector 1 Unit 3,350,000 3,350,000
12 Meja belajar @150.000 40 Unit 150,000 6,000,000
13 Kursi belajar @100.000 40 Unit 100,000 4,000,000
14 UPS 3000Watt 1 Unit 1, 250,000 1,250,000
JUMLAH 34.820.000
Software
NO. KETERANGAN QTY UNIT HARGA (Rp) JUMLAH (Rp)
1
OS Windows Server 2008 + License 1 Unit 1,650,000 1,650,000
2 Adobe Flash CS5 1 Unit 900,000 900,000
3 Microsoft Windows Office 2007 + License 1 Unit 750,000 750,000
JUMLAH 3,300,000
Biaya Tenaga Kerja
NO. KETERANGAN JUMLAH (Rp)
1
Administrator /20 HARI 600,000
Biaya Pengerjaan
No. Perincian Biaya ( Rupiah )
1 Analisis kebutuhan 500,000
2 Design 300,000
3 Instalasi 300,000
4 Pengujian 250.000
5 Pelatihan 300,000
6 Pemeliharaan 200.000
7 Dokumentai 300.000
Jumlah 5.000.000
Rencana
Pada bagian ini akan dijabarkan apa saja langkah – langkah yang akan
ditempuh untuk melaksanakan proyek ini, apabila proposal ini disetujui
oleh pihak terkait.
1. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengumpulkan data
selengkap – lengkapnya dengan melakukan survey ke lokasi proyek.
2. Kemudian pada tahap ini akan dilakukan analisys terhadap rancangan
yang sudah dibuat.
3. Lalu membuat rancangan dalam bentuk desain hard copy maupun soft copy
terkait dengan informasi hasil survey.
4. Langkah selanjutnya ini akan mulai melakukan implementasi, yaitu pada
tahap installasi perangkat keras dan perangkat lunak yang akan
digunakan.
5. Pada langkah kelima ini akan dilakukan integrasi perangkat dari mulai
perangkat keras dan perangkat lunak, serta melakukan troubleshoot.
Tenaga Pelaksana
Untuk mengembangkan Aplikasi Pembelajaran berbasis komputer menggunakan
Adobe Flash CS 5, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di
bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
1. Project Manager & System Analyst : Agustien Wilujeng
2. Database Engineering : Zia Khalidah
3. Graphic Engineer : Emy Indriyani
4. Software Engineer : Agustien Wilujeng
Emy Indriyani
Zia Khalidah
Penyampaian
Dalam bagian ini akan ditulis rincian untuk sistem penyampaian hardware
dan software.
1. Hardware : Server HP processor core 2 duo, RAM 4 GB, HD 1 TB. Spek
tersebut dipilih karena proyek ini membutuhkan server yang cukup kuat
untuk menampung kebutuhan yang akan dijalani. Jika barang tersebut
dipesan maka besar kemungkinan butuh waktu 7 hari kerja untuk proses
pengirimannya.
2. Software : Operating System Window Server 2008 + license dan Adobe
Flash CS5. Ini dipilih karena kami rasa ini cukup untuk mewakili
requirement proyek ini. Untuk hal pengiriman biasanya sama dengan
pengiriman hardware diatas yaitu kurang lebih 7 hari atau 1 minggu
setelah proses pemesanan.
3. Garansi yang diberikan untuk perangkat – perangkat yang akan
digunakan adalah selama 1 tahun garansi pabrik. Support yang akan kami
berikan adalah full support yaitu standby on call apabila diperlukan
4. Dokumen untuk perangkat ini lengkap seperti user guide dan manual
book terkait semua informasi semua perangkat.
Hukum
Pada hukum yang tertera terdapat beberapa point – point yang harus di
perhatikan, sebagai berikut :
1. Apabila terjadi kerusakan pada system sebelum uji coba, maka kami
akan mengurangi biaya yang sudah dijanjikan.
2. Apabila terjadi kerusakan pada system setelah uji coba, maka kami
tidak bertanggung jawab dalam kesalahan tersebut.
3. Pembayaran di lakukan saat barang / system diterima oleh user.
Alternative Solution
Bagian ini menjelaskan beberapa alternative solution untuk RFP yang akan
dipakai. Apabila RFP yang digunakan tidak efektif maka diperlukan
alternative solution seperti mencari info selengkap – lengkapnya
mengenai perangkat yang akan digunakan, dari mulai teknologi sampai
dengan harga dari perangkat tersebut, hal ini sangat memudahkan kami
karena dari sini kami bisa mengetahui harga pasaran perangkat yang akan
digunakan, sehingga apabila RFP yang diajukan oleh Vendor atau pihak
ketiga tidak sesuai dengan keinginan dari proyek itu sendiri kami bisa
menyusun sendiri RFP yang akan diajukan.
Istilah / Terminology
Beberapa istilah dalam proposal ini menggunakan istilah komputer,
berikut beberapa istilah yang mungkin membantu untuk memahami proposal
ini :
- Hardware : Perangkat Keras
- Software : Perangkat Lunak
- Harddisk : Media penyimpanan
- Troubleshoot : Mencari solusi untuk masalah
- Hard Copy : Hasil Print dalam bentuk kertas
- Soft Copy : Hasil Print dalam bentuk data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar