Selasa, April 10, 2012

Proposal Aplikasi Pembelajaran berbasis komputer menggunakan Adobe Flash CS 5

Proposal “Aplikasi Pembelajaran berbasis komputer menggunakan Adobe Flash CS 5” Nama : Agustien Wilujeng (12108174) Emy Indriyani (10108702) Zia Khalidah (12108143) Hari/Tanggal : Selasa, 10 April 2012 No Revisi : 01 Universitas Gunadarma UNIVERSITAS GUNADARMA Jl. Margonda Raya No.100 No. Tlp : (021) 79187632 Email : http://www.gunadarma.ac.id Hal : Proposal Selasa, 10 April 2012 Kepada Yth, Bpk / Ibu Kepala Sekolah SMAN 1 Jakarta Di tempat Dengan Hormat, Pertama – tama kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang terkait yang telah memberikan kesempatan, waktu maupun biaya, atas usulan proyek kami yang mana adalah Aplikasi Pembelajaran Berbasis Komputer menggunakan Adobe Flash CS maka dari itu kami membuat proposal ini guna mengajukan kerjasamanya. Perangkat keras dan perangkat lunak yang akan kami gunakan dalam proyek ini berguna untuk membantu sistem kegiatan belajar mengajar menjadi lebif ekfektif dan efisiensi atau pada istilah baru saat ini dalam dunia pendidikan yaitu PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Hardware yang digunakan berupa Server HP processor core 2 duo, RAM 4 GB, HD 1 TB, sedangkan softwarenya berupa Operating System Window Server 2008 + license dan Adobe Flash CS5. Aplikasi ini berguna untuk membantu proses pengajaran. Aplikasi ini berjalan dalam standalone PC ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi berupa materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (video dan audio) dalam format MOV, AVI dan WAV. Berdasarkan alasannya, betapa pentingnya suatu aplikasi berbasis computer untuk mata pelajaran matematika yang dianggap abstrak untuk bisa lebih dimengerti dan lebih menyenangkan bagi para siswa. Apabila permohonan pengajuan proposal ini disetujui oleh pihak terkait, mudah – mudahan dalam waktu 14 hari kedepan kami dapat memulai proyek, yaitu tepatnya per tanggal 1 Januari. Namun apabila pihak terkait belum menyetujui proposal ini, maka kami harus melakukan proyek lain terlebih dahulu, lalu proyek ini akan dimulai kira – kira pada 1 Juni. Hormat Kami, ( Tim Pengembang ) Daftar Isi A. Halaman judul (Tittle page) ........................................................................................... 1 B. Cakupan Surat (Cover letter) ......................................................................................... 2 C. Daftar isi (Table of content) ...........................................................................................3 D. Rumusan Masalah ……………………………………………………………………. 4 E. Ruang lingkup (Scope) ............................................................................................. 4 F. Keuntungan (Advantages) ....................................................................... 4 G. Keuangan Financial) ............................................................................................. 7 H. Rencana (Plan) ........................................................................................................ 7 I. Tenaga Pelaksana……………………………………………………………………… 8 J. Penyampaian (Deliverablless) ............................................................................. 8 K.Hukum ....................................................................................................................... 8 L. Alternatif Solution(Alternatives) ........................................................................... 9 M. Istilah Khusus (Terminologi) .................................................................................... 9 Rumusan Masalah Berdasarkan alasan dari latar belakang penilitian ini dapat dirumuskan apa yang menjadi masalah dalam proses pembelajaran Matematika, permasalahan yang terlihat adalah kurangnya media pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi para siswa sehingga minat dan semangat para siswa untuk belajar matematika kurang. Maka penulis tertarik untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran berbasis komputer untuk mata pelajaran matematika yang bersifat interaktif dan menarik yang disertai soal latihan dan test formatif agar siswa tidak merasa bosan dan pasif dengan materi yang dipelajari. Ruang Lingkup Proyek Sistem Proyek aplikasi pembelajaran berbasis komputer menggunakan adobe flash cs5 yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu : 1. Menganalisis sistem yang akan dibuat 2. Merancang yaitu membuat perancangan tampilan aplikasi dan merancang materi untuk isi aplikasi 3. Membuat aplikasi menggunakan program yang sudah direncanakan 4. Memasukan materi kedalam program 5. Melakukan uji coba sistem Keuntungan Pengembangan Sistem Keuntungan dari pengembangan aplikasi ini adalah : 1. Membantu guru dalam menyampaikan materi dan juga membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan 2. Meningkatkan pemahaman siswa pada suatu mata pelajaran 3. Konsep pembelajaran dilakukan tanpa melalui proses tatap muka antara siswa dengan pengajar. 4. Efisiensi waktu kegiatan belajar mengajar Waktu Pelaksaan Proyek Kegiatan dan waktu pelaksanaan Januari 1 2 3 4 Februari 1 2 3 4 Maret Analisis Sistem Analisis Perancangan Desain Sistem Instalasi Pengujian Pelatihan Pemeliharaan Dokumentasi Keuangan Hardware NO. KETERANGAN QTY UNIT HARGA (Rp) JUMLAH (Rp) 1 Meja Komputer 1 Unit 125,000 125,000 2 Keyboard logitech 1 Unit 70,000 70,000 3 Mouse optical logitech 1 Unit 50,000 50,000 4 External Hardrive SEAGATE FreeAgent Desk 1TB 1 Unit 1,650,000 1,650,000 5 Kabel HDMI uk 20m 1 Unit 250,000 250,000 6 Kebel power uk 20m 1 Unit 100,000 100,000 7 Outlet Kabel Power @50.000 2 Unit 100,000 200,000 8 Air Conditioner LG @3.000.000 2 Unit 3,000,000 6,000,000 9 Kanvas uk 3x2m 1 Roll 1,500,000 1,500,000 10 Speaker @1.000.000 4 Unit 1,000,000 4,000,000 11 Projector 1 Unit 3,350,000 3,350,000 12 Meja belajar @150.000 40 Unit 150,000 6,000,000 13 Kursi belajar @100.000 40 Unit 100,000 4,000,000 14 UPS 3000Watt 1 Unit 1, 250,000 1,250,000 JUMLAH 34.820.000 Software NO. KETERANGAN QTY UNIT HARGA (Rp) JUMLAH (Rp) 1 OS Windows Server 2008 + License 1 Unit 1,650,000 1,650,000 2 Adobe Flash CS5 1 Unit 900,000 900,000 3 Microsoft Windows Office 2007 + License 1 Unit 750,000 750,000 JUMLAH 3,300,000 Biaya Tenaga Kerja NO. KETERANGAN JUMLAH (Rp) 1 Administrator /20 HARI 600,000 Biaya Pengerjaan No. Perincian Biaya ( Rupiah ) 1 Analisis kebutuhan 500,000 2 Design 300,000 3 Instalasi 300,000 4 Pengujian 250.000 5 Pelatihan 300,000 6 Pemeliharaan 200.000 7 Dokumentai 300.000 Jumlah 5.000.000 Rencana Pada bagian ini akan dijabarkan apa saja langkah – langkah yang akan ditempuh untuk melaksanakan proyek ini, apabila proposal ini disetujui oleh pihak terkait. 1. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengumpulkan data selengkap – lengkapnya dengan melakukan survey ke lokasi proyek. 2. Kemudian pada tahap ini akan dilakukan analisys terhadap rancangan yang sudah dibuat. 3. Lalu membuat rancangan dalam bentuk desain hard copy maupun soft copy terkait dengan informasi hasil survey. 4. Langkah selanjutnya ini akan mulai melakukan implementasi, yaitu pada tahap installasi perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. 5. Pada langkah kelima ini akan dilakukan integrasi perangkat dari mulai perangkat keras dan perangkat lunak, serta melakukan troubleshoot. Tenaga Pelaksana Untuk mengembangkan Aplikasi Pembelajaran berbasis komputer menggunakan Adobe Flash CS 5, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut: 1. Project Manager & System Analyst : Agustien Wilujeng 2. Database Engineering : Zia Khalidah 3. Graphic Engineer : Emy Indriyani 4. Software Engineer : Agustien Wilujeng Emy Indriyani Zia Khalidah Penyampaian Dalam bagian ini akan ditulis rincian untuk sistem penyampaian hardware dan software. 1. Hardware : Server HP processor core 2 duo, RAM 4 GB, HD 1 TB. Spek tersebut dipilih karena proyek ini membutuhkan server yang cukup kuat untuk menampung kebutuhan yang akan dijalani. Jika barang tersebut dipesan maka besar kemungkinan butuh waktu 7 hari kerja untuk proses pengirimannya. 2. Software : Operating System Window Server 2008 + license dan Adobe Flash CS5. Ini dipilih karena kami rasa ini cukup untuk mewakili requirement proyek ini. Untuk hal pengiriman biasanya sama dengan pengiriman hardware diatas yaitu kurang lebih 7 hari atau 1 minggu setelah proses pemesanan. 3. Garansi yang diberikan untuk perangkat – perangkat yang akan digunakan adalah selama 1 tahun garansi pabrik. Support yang akan kami berikan adalah full support yaitu standby on call apabila diperlukan 4. Dokumen untuk perangkat ini lengkap seperti user guide dan manual book terkait semua informasi semua perangkat. Hukum Pada hukum yang tertera terdapat beberapa point – point yang harus di perhatikan, sebagai berikut : 1. Apabila terjadi kerusakan pada system sebelum uji coba, maka kami akan mengurangi biaya yang sudah dijanjikan. 2. Apabila terjadi kerusakan pada system setelah uji coba, maka kami tidak bertanggung jawab dalam kesalahan tersebut. 3. Pembayaran di lakukan saat barang / system diterima oleh user. Alternative Solution Bagian ini menjelaskan beberapa alternative solution untuk RFP yang akan dipakai. Apabila RFP yang digunakan tidak efektif maka diperlukan alternative solution seperti mencari info selengkap – lengkapnya mengenai perangkat yang akan digunakan, dari mulai teknologi sampai dengan harga dari perangkat tersebut, hal ini sangat memudahkan kami karena dari sini kami bisa mengetahui harga pasaran perangkat yang akan digunakan, sehingga apabila RFP yang diajukan oleh Vendor atau pihak ketiga tidak sesuai dengan keinginan dari proyek itu sendiri kami bisa menyusun sendiri RFP yang akan diajukan. Istilah / Terminology Beberapa istilah dalam proposal ini menggunakan istilah komputer, berikut beberapa istilah yang mungkin membantu untuk memahami proposal ini : - Hardware : Perangkat Keras - Software : Perangkat Lunak - Harddisk : Media penyimpanan - Troubleshoot : Mencari solusi untuk masalah - Hard Copy : Hasil Print dalam bentuk kertas - Soft Copy : Hasil Print dalam bentuk data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar