Rabu, Maret 02, 2011

Wajah si Pemisah Telur

Saat akan membuat lapis legit atau cake banyak telur, alat yang satu ini sangat menolong. Tinggal pecahkan telur ke dalamnya dan telurpun jadi mudah dipisahkan kuning dan putihnya. Bentuknya yang cantik juga bisa jadi hiasan dapur.

Cake banyak telur seperti lapis legit, lapis Surabaya, tentunya perlu waktu ekstra untuk memisahkan telur, putih dan kuningnya. Dengan alat pemisah telur, telur bisa dipecahkan sekaligus dalam jumlah tertentu sehingga menghindari salah hitung.

Dulu alat pemisah kuning telur tampil sederhana, dengan bentuk segi empat atau bundar. Kini alat pemisah kuning dari putih telur alias egg separator tampil dengan berbagai bentuk serba unik dan terbuat dari berbagai jenis bahan.

Egg separator kini tidak hanya terbuat dari bahan stainless steel dan plastik yang berwarna-warni. Namun, berbahan dasar keramikpun mulai digemari. Tidak cuma itu jika dulu bentuknya itu-itu saja, saat ini bisa ditemui bentuk unik, seperti bentuk satu ekor ayam, anak ayam atau wajah/kepala manusia.
Cara pemakainanya terbilang mudah, cukup pecahkan satu atau beberapa butir telur kedalam egg separator berbentuk wajah ini. Tuangkan ke wadah lain. Pemisah telur dengan mulut runcing seperti poci ini (yang berbentuk hidung) akan mengalirkan putih telur sehingga kuning telur tertinggal dalam wadah.

Alat berbahan keramik ini, sangat efektif untuk mendapatkan kuning telur tanpa takut pecah dan juga berbahan dasar lebih tebal dan kokoh sehingga awet dan dapat digunakan berulang-ulang. Bahannya juga mudah dibersihkan dan aman untuk makanan.

Jika ingin menambah koleksi peralatan dapur, Anda bisa membelinya di toko peralatan rumah tangga. Merawatnya juga mudah. Siram dengan air keran, berikan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis, lalu cuci menggunakan air sabun hangat dan busa lembut lalu keringkan segera. Bentuk wajah yang unik ini juga bisa jadi penghias dapur Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar