Minggu, April 18, 2010

Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan

Mengatasi Rasa Takut yang Berlebihan


            Rasa khawatir dan takut itu memang alamiah, tapi bukan berarti tidak bisa kita kontrol. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, biar tidak dibilang tipis :
Ø      Jangan terlalu fokus kepada sisi negatif dari sebuah hal. Pikirkan hal-hal yang positif dan menyenangkan, sehingga kita berani uuntuk mengatasi segala hal-hal negatif yang mungkin muncul.
Ø      Daripada terus-terusan memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi, lebih baik kita melakukan sebuah tindakan biar hal-hal menakutkan itu tidak terjadi.
Ø      Coba ceritakan kekhawatiran kita itu sama sahabat atau orangtua, biar mereka bisa memberikan penilaian yang lebih objektif.
Ø      Sangat susah menghilangkan segala kekhawatiran itu. Setiap kali kita merasa takut, tuliskan semua ketakutan kita itu. Tidak perlu dicari solusinya, cukup ditulis saja. Setelah beberapa minggu, cari wktu buat membaca lagi catatan kita itu. Kebanyakan orang akan menyadari bahwa kekhawatiran yang dicatat itu selalu diulang-ulang dan membosankan. Teknik ini akan membuat kita lebih gampang buat melupakan segala kekhawatiran itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar